jump to navigation

Putri

Duniaku adalah Lautanku dan Lautanku adalah Kehidupanku.

Tulisan mengenai “Lautanku” ini berisi tentang Lautan yang menghiasi kehidupanku. Ilmu yang kupelajari tentang laut ini adalah duniaku. Walaupun yang kutahu tidak selebar dan seluas lautan, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Dr. Mutiara Rachmat Putri, lulus dari Institut für Meereskunde, Universitas Hamburg – Jerman, 2004. Dosen di Program Studi Oseanografi – Institut Teknologi Bandung, saat ini sedang ikut serta dalam riset kerjasama Germany – Indonesia SPICE di Institut für Meereskunde – Universitas Hamburg, Hamburg, Germany.

My name is Dr. Mutiara Rachmat Putri. I’m a lecturer at Program Study of Oceanography – Institut Teknologi Bandung, Indonesia, but now i live in Hamburg and work in Institute for Oceanography, Hamburg University, Germany.

Ich bin Frau Dr. Mutiara Rachmat Putri. Ich bin Dozentin im Ozeanography Departement des Institut Teknologi Bandung, Indonesia. Zurzeit bin ich in Hamburg and arbeite im Institut für Meereskunde der Universität Hamburg, Deutschland.

Komentar»

1. Gustaf - April 22, 2006

Hi mbak,
Kenal ama Mahatma Lanuru & Mukhlis Kamal? Merea juga lulusan Deutsche…Mereka seangkatanku waktu ngambil master di denmark tempo hari. Thanks atas commentnya di blogku, aku juga tertarik sama informasi kelautan di blog ini

2. Sudomo Ostip Manurung - April 25, 2006

ha.ha…ha. hebat mba yaya ini,
Kagum, penuh inovasi. Kombniasi antara dunia PHP dgn Dunia Oceanografi sangat bagus.

saya dukung bu, walau saya bukan penulis yang baik dan bukan peneliti, tetapi akan saya coba dengan berbagai kritikan dan saran. Karena memang saya sudah tidaka terlalu jauh lagi berkecimpung di Bidang Oseanografi. kebetulan sekarang sudah bermain di Geospatial Tetapi data-data Oceanografi sangat luarabiasa kalau di viewer pakai Spatial, belum lagi spatial model di combine dengan Geospatial Model. Wow luar biasa… Hidup mabk yaya dehh

Salam
domo

3. Adhiprana Pandia - April 26, 2006

Salam kenal, Mbak.

Saya alumni SMAN 2 Jombang, sekarang kerja di Armada PLP (Penjagaan Laut dan Pantai)/Indonesian Coast Guard.

Saya berharap suatu saat dapat berdiskusi tentang dunia kelautan dengan Mbak.

Thanks,
Adhiprana Pandia

4. Riva - April 26, 2006

Mba Mutiara…
Kerennn Blog nya..
O..ya saya riva..mahasiswa oseanografi itb juga angkatan 2001 (wahh jauh yah..harusnya panggil ibu kali yah…) sempet ketemu di ppk.Pengen ikutan nulis boleh gak..meski bukan penulis sejati..lagian belum berani nulis yang berat-berat..curhat yang berhubungan dengan laut boleh ga??

salam
Riva

5. Gustaf - Mei 10, 2006

Wuah.. aku cari2 ternyata gak ada imel yang bisa dihubungi… so.. terpaksalah aku kirim lewat ini. Aku belum nyoba dengan blog ini (wordpress), tapi kelihatannya sesuai dengan keinginanku. Ada blog roll segala, aku ingin membuat links ke bbrp web penting termasuk web ini tapi kalo gak ngeroll… bisa puanjaang…

6. winda - September 7, 2006

ibu…tulisannya encourage banget…..seneng deh bu baca tulisan plus diskusi ibu ama Kandaga.

7. gufron - September 28, 2006

Assalamualaikum mbak, ehm, ni adik kelas dari SMU 2 jombang, salam kenal ajah sama mbak….

8. idmandang - Desember 27, 2006

assalamu alaikum mbak..
seingat saya kita penah ketemu di OSA ITB..tapi ibu mungkin lupa, saya dulu dibawah bimbingan DKM bareng sama mas Agus,,(salam buat mas agus)..
saya senang baca blognya mbak..

Idris.
Japan

9. Gustaf - Desember 29, 2006

Dimana aku bisa kasi comment ttg meeting di Bali?

10. bahrul_bahrul - Januari 3, 2007

ass wr wb.

jadilah ukhti yang sejati;peribadi
yang terpancar akhlak mulia
jadilah ukhti yang menawan sejati
dimana kehadirannya .selalu ditunggu
oleh orang orang sekitar kita

cinta pada rupa terkadang
membuat kita lupa

cinta pada harta terkadang
membuat kita angkuh

cinta pada jabatan terkadang
membuat kita kelewatan

11. putri - Januari 3, 2007

@bahrul_bahrul : Makasih kritik & sarannya.
Saya berharap cinta pada alam
membuat kita sadar perlunya bersahabat dengan alam
membuat kita sadar betapa kecilnya manusia
membuat kita sadar besarnya kekuasaan Allah.

12. hasta - Januari 7, 2007

salam kenal mba/bu putri,
saya fajri dwihasta dari oseanografi undip 2001.
lain kali saya boleh tanya2 ya bu tentang termoklin di makassar gitu.
arigato be 4

13. hasta - Januari 9, 2007

mau tanya mba, tentang internal wave. Sebenarnya ada nggak internal wave di Selat Makassar? Dan ada nggak hubungannya dengan termoklin dan ENSO??

Terima kasih

FAjri Dwihasta

14. hasta - Februari 15, 2007

bu putri, saya boleh tanya lagi ya,
secara umum lapisan termoklin kalo pas lagi La Nina itu lebih tebal ato lebih tipis?

hatur nuwun sebelumnya

15. Gustaf - Maret 27, 2007

WOS 2009 yang dilaunch baru kegiatan puncaknya saat pemimpin negara membuat KTT Laut. Sekarang pihak panitia sementara merangkai berbagai links acara untuk menunjang KTT ini. Bila putria punya ide, silakan bikin, yang penting lokasinya di Manado… hehehe…

16. mulatua sirait - Maret 29, 2007

hallo,,,,mbak salam kenal aja lho.saya Mula, salah satu mahasiswa perguruan tinggi swasta di bandung, mau menanyakan tentang pengadaan beasiswa bagi mahasiswa yang ingin meneruskan kejenjang S-2, apakah memerlukan biaya kuliah dan bagaimana dengan biaya hidup disana, karena saya sangat berharap bisa meneruskan program Magister melalui beasiswa yang diadakan dari Daad,saya harap semuanya tidak memerlukan biaya, karena saya juga berasal dari keluarga yang kurang mampu.Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.( Dibalas ya Mbak )….

17. M Chozin - April 16, 2007

Salam kenal mbak…
saya chozin….mhs di Ohio, USA yang tertarik belajar anhtropologi masyarakat pesisir
senang bisa kenalan

salam

18. Muri - April 27, 2007

Ass.
salam kenal mba..
saya mahasiswi IPB jurusan perairan….
kalau boleh, saya mau minta bahan seminar Tentang Limbah air panas PLTU,.
buat bahan penelitian saya,.
Terima kasih mba…..
Wass

19. Rosyid A. Azhar - Mei 1, 2007

Assalamu’alaikum, mbak Putri!
Saya juga lulusan SMAN 2 Jombang, juga sama2 di milis SMADA…
Sekarang saya kesasar di pinggiran Gorontalo
Blog-nya informatif banget, terima kasih.
Salam hormat,

20. Sri Yuni Astuti - Mei 27, 2007

Yaya ………

Inget ngga, udah lama ya kita ngga ktemu. Saya Yuni angkt 87 dari GM / Oseanografi. Di sana bisa dpet jwban knapa kasus Padang & Selatan Jawa / swell ?

Wassalam

Sri Yuni A’87

21. Sri Yuni Astuti - Mei 27, 2007

Ya ………

Temen Yuni mau ambil S-3 gelombang, ada info beasiswa ngga di situ ? Trims.

Wass.

Yuni

22. Rony - Juni 13, 2007

Ass Wr Wb, Salam Kenal mbak, saya alumni sma 2 jombang, seangkatan dengan adhi prana pandia, saya bekerja di instansi pemerintah yang dalam waktu dekat akan mengoperasikan pesawat Mpa(Maritime patrol Aircraft). Dalam kesempatan yang akan datang, semoga kita dapat berdiskusi dan bekerja sama tentang dunia kelautan, terima kasih.

23. indri sulistia - November 29, 2007

aduuh bu,saya ini pengangguran banyak acara,kok bisa ya kegilaan saya terhadap lautan mengantarkan saya ke acara workshop diseminasi penelitian hari ini,padahal saya gak tahu apa-apa lho…
hmm mudah2an saja berawal dari keisengan saya menjadi awal dari keseriusan saya!makasih bu moga saya bisa berjumpa di acara workshop hari ini.=)

24. Apryansah Pasorong - Februari 2, 2008

Assalamu´alaikum wr wb ibu, salam kenal dari saya,apa saat ini ibu masih di Hamburg?
Saya letkol laut (P) Apryansah Pasorong,kebetulan sedang tugas belajar di FührungsAkademie der Bundeswehr Hamburg? saya salut pada orang2 seperti ibu,kalau Tuhan mengijinkan,saya ingin dapat bertemu dan sedikit berbincang tentang laut dengan ibu. Bertahun-tahun saya melalang buana dilautan mengemban tugas menjaga kedaulatan negara. Kebetulan bagi saya laut merupakan ‘tungku’ kehidupan keluarga saya yang mengalirkan air kehidupan pada kami sekeluarga. wassallam, salam hormat Apry.

25. Noor Azasi - Februari 17, 2008

laut diabaikan, apa krn yang memimpin negeri ini org2 kontinental ya, termasuk yang skrg, mestinya wakilnya yang dibesarkan dalam budaya pesisir yang memimpin pemerintahan. spt bung arif satria, saya mmg alumni pertanian, tp kebetulan pernah terlibat dalam kegiatan pesantren bahari di barito kuala, pemberdayaan perempuan pesisir di probolinggo dan pelatihan pengrajin perahu tradisional di tanah bumbu. semuanya masih dilaksanakan dengan orientasi ke darat, terutama dalam alokasi anggaran di rab. kalau mbak mutiara ingin melakukan revolusi di sektor kelautan, saya siap membantu.

26. IKa - Maret 14, 2008

Assalamualaikum,
Mbak, saya ika. saya mohon bantuan mbak, saya ingin mengetahui lebih jauh tentang ROV, mbak bisa bantu saya tentang hal tersebut. saat ini saya sedang kuliah di fakultas teknologi kelautan ITS.

Thanks.

27. yetty oetamie - April 29, 2008

pa kabare adhiprana pandia. kangen banget ama keluarga di jombang, lam rindu buat mami, ari, rieke dan si kecil. ini dari kak yetty / bang jeppy dr medan

28. riski - Juli 20, 2008

nyari kelautan malah nyasar kesini

g pa2 jg deh

salam kenal, saya dari teknik kelautan ITS

dunia kelautan duniaku
http://www.rahmat88aceh.wordpress.com

29. Tibyani - Oktober 4, 2008

Gimana kabar bu yayak?
Saya tibyani alumni ’89 smada Jombang
kemaren 3 Oktober 2008 teman2 89 reuni alhamdulillah yang datang +- 75 orang Ini reuni I sejak kita lulus dulu?

30. rahma - Desember 1, 2008

Asslkm, salam kenal Mba, saya rahma, mahasiswi pasca ui. Gini Mba, saya tertarik dengan tulisan Mba yg berjudul “Dampak Sirkulasi Air Pendingin terhadap Ekosistem Laut”, sirkulasi air pendingin yang menghasilkan limbah air panas ini dampaknya cukup significan ke karang, apalagi pembangkit listrik kita kebanyakan menggunakan sistem open cycle, yg limbah panasnya dibuang ke laut…masih ada bahannya ga Mba? Boleh kirim ke saya (rahfresh@yahoo.com) yah Mba, saya juga ada tugas kuliah terkait masalah ini…terima kasih sblumnya

31. husnul khotimah - Juli 30, 2010

salam kenal mbak, nama saya husnul.
saya tertarik sama hasil disertasi mbak.

saya berencana mengajukan proposal penelitian mengenai prakiraan pasang surut air laut
ada email atau no. hp yang bisa saya hubungi?

terima kasih sebelumnya.

wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: