jump to navigation

Ekspedisi Teluk Weda April 3, 2013

Posted by Putri in Berlayar.
trackback

Sudah lama sekali Lautanku ini tidak ter-update. Hari ini mulai terinspirasi menulis kembali tentang Lautanku. Semoga selanjutnya tidak terputus lagi cerita tentang Lautanku.

===

Ini ekspedisi pertama saya menggunakan kapal Baruna Jaya. Iya rasanya aneh setelah berlayar di bagian Atlantik Utara tahun 2001 lalu, rasanya belum pernah lagi naik kapal riset. Alhamdulillah masih ada kesempatan menikmati perjalanan ini.

Ekspedisi Teluk Weda dilaksanakan tanggal 13-22 Maret 2013 oleh Balai Konservasi Biota Laut, LIPI Ambon. Tujuan dari ekspedisi ini adalah menginventarisasi Teluk Weda, Halmahera, mulai data biologi, kimia, fisika laut. Pada kesempatan kali ini diambil juga sampel coral yang dapat digunakan untuk melihat kondisi paleoclimate di Teluk Weda.

Dimanakah Teluk Weda? Teluk Weda merupakan bagian dari Pulau Halmahera. Teluk yang menghadap ke selatan ini merupakan salah satu pintu penghubung antara Samudra Pasifik dan Laut Seram. Perjalanan ke Teluk Weda dari Ambon memakan waktu sekitar 27 jam pelayaran. Bukan waktu yang singkat, namun perjalanan akan menyenangkan jika kita menikmati pelayaran dengan melihat sekelompok lumba-lumba di Laut Seram pada sore hari hingga matahari tenggelam.

Survei yang dilakukan meliputi :

– inventarisasi mangrove, lamun, dan terumbu karang

– pengambilan data temperatur dan salinitas ( CTD) dan arus (current meter), serta sampel air yang akan digunakan untuk menganalisis berbagai parameter kimiawi seperti nutrien, DO, dan klorofil.

– penyaringan air untuk melihat kondisi fitho- dan zoo-plankton.

Laporan hasil survei akan diterbikan dalam jurnal.

Yang menarik di Teluk Weda ini adanya sekelompok lumba-lumba. Jika di Laut Seram pada saat menjelang matahari terbenam lumba-lumba akan berenang di tepi kapal kami, di Teluk Weda ini mereka akan muncul di pagi hari. Mereka berenang seakan-akan menari-nari di tepi kapal BJ7. Memotret memang hal yang menarik, namun karena kamera kurang canggih, maka memotret dengan mata adalah hal yang paling menarik😀

 

Komentar»

1. iis - Mei 13, 2013

Ibuu…ternyata ibu punya blog ya..note ibu diatas aku sitasi ya buat di laporan survey hehehe..abis nungguin dari Basith lama hee..

2. potterlove28456 - April 8, 2016

Well done for trying out something so difficult. And I agree about the dagginess! Click https://twitter.com/moooker1


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: