jump to navigation

Kota Baru, Universitas Baru Maret 28, 2007

Posted by Putri in Info.
trackback

Perkembangan suatu kota terkadang bisa pesat, bahkan terkadang karena terlalu pesat, sehingga yang tinggal di kota itu sendiri tidak merasakan perubahan atau keberadaan sesuatu yang baru. Begitulah kira-kira yang saya rasakan di Hamburg ini. Kadang tidak tahu atau tidak perhatian.. tiba-tiba kanal-kanal di samping rumah begitu rapi dan bersihnya sehingga enak untuk duduk-duduk atau merenung atau sekedar mengobrol. Kadang saya berpikir bagaimana indahnya Sungai Ciliwung seandainya ditata rapi seperti itu? Semoga suatu saat impian menjadi kenyataan ya…😀

Kembali ke perubahan dan perkembangan kota, kota Hamburg yang termasuk kota metropolitan ini (walaupun rasanya tidak seramai Jakarta) telah merencanakan sebuah kota baru… semacam kota satelit di pinggir sungai Elbe, dengan nama HafenCity atau Kota Pelabuhan. Pembangunan ini sudah berjalan sekitar tahun 2003. Bahkan tahun 2007 direncanakan akan ada kereta bawah tanah yang menghubungkan langsung Hafencity ini ke bandara Hamburg. Nah, ternyata ada informasi lain dari kota satelit baru ini yang terlewatkan, salah satunya yaitu… HafenCity University Hamburg.

Universitas baru di kota satelit baru di Hamburg ini ternyata sudah menerima mahasiswa baru sejak Semester Musim Panas 2006 tahun lalu. Wahh .. hampir setahun dan saya baru tahu hari ini. Na ja…, rasanya tidak ada salahnya terlambat menginformasikan sesuatu daripada tidak sama sekali. Toh semester berulang terus ya.. HafenCity University (HCU) ini mempromosikan dirinya dengan “Europa`s first University for the built environment”. Dengan memiliki empat jurusan yang bisa dibaca di website HCU. Uang pendidikannya sebesar 500 euro setiap semesternya. Walaupun hingga saat ini gedungnya secara fisik belum terlihat, namun tahun 2007 ini adalah tahun ke-2 bagi penerimaan mahasiswa barunya.
Kenapa diposting ke blog lautanku ini, salah satunya adanya jurusan Geomatik. Informasi yang bisa disampaikan disini adalah adanya program master hidrografi dan geodesi di jurusan ini. Hal-hal yang menarik yang ditawarkan adalah melakukan pengukuran dengan alat-alat modern, membuat visualisasi dan sistem geoinformasi di bidang geodesi, hidrografi, dan fotometri, serta metrologi (bukan meteorologi ya…!).

Bagi teman-teman yang tertarik bisa klik ke website HCU. Sayangnya… hanya sedikit yang berbahasa Inggris.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: