jump to navigation

50 Tahun Institut für Meereskunde Hamburg (1) Oktober 11, 2006

Posted by Putri in Info, Tokoh.
trackback

Institut für Meereskunde

Tanggal 11-12 Oktober 2006 ini diadakan Kolokium dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 Institut für Meereskunde (IfM) di Hamburg. Bagi manusia umur yang cukup tua 50 tahun ini dan bagi manusia yang diharapkan adalah kemapanan dalam hidup. Bagaimana dengan Institut ini?

Perayaan Anniversary cukup sederhana dilakukan pagi ini di IfM, tapi begitu hangat dan penuh informasi tentang sejarah Institut ini. Di mulai pukul 9.00 dan diawali dengan sambutan dari Prof. Detlef Stammer sebagai direktur Institut saat ini, yang memberikan wawasan mengenai kondisi Institut saat ini dan perkembangannya yang akan datang. Beliau baru aktif di IfM ini sejak tahun 2003/2004. Dilanjutkan dengan sambutan dari wakil senator Universitas Hamburg yang menceritakan mengenai latar belakang dan sejarah negosiasi di Universitas hingga terbentuknya Institut ini. Sambutan ketiga dari Juru bicara ZMAW dimana IfM berada dibawah pusat penelitian ini, dan salah satu pemrakarsanya adalah Prof. Dr. J. Sündermann.

Prof. Dr. Sündermann ini selanjutnya menyampaikan sejarah terbentuknya Institut für Meereskunde ini. Diawali dari sejarah berkembangnya ilmu oseanografi itu sendiri di Jerman, khususnya di Hamburg ini. Tahun 1919 mulai dirasakan perlu adanya penelitian dan pengajaran mengenai Meereskunde (Ilmu Oseanografi). Berada dibawah bidang Geografi, Geofisika, dan Zoologi, mulailah diadakan penelitian dengan tema laut. Tahun 1926 kegiatan hidrografi dilakukan dan ujian pertama di bidang kelautan ini baru ada pada tahun 1929. Matakuliah Oseanografi sendiri baru diadakan pada tahun 1939.

Hansen Hingga pada tanggal 1 Oktober 1956 Walter Hansen mendirikan Institut für Meereskunde ini dan beliau sebagai direktur pertama IfM. Tema utama dari institut ini adalah fisika oseanografi. Beliau adalah orang pertama yang mengembangkan model numerik dari persamaan matematika sederhana 1 dimensi di kanal untuk menghitung gerak pasang surut di Sungai Elbe (Sungai Elbe ini mengalir membelah kota Hamburg dan bermuara di Laut Utara, sebelah barat laut kota Hamburg).

Hingga pada tahun 1977 beliau pensiun dan digantikan Prof. Dr. Sündermann sebagai professor dan direktur IfM. Prof. Sündermann ini awalnya adalah professor dibidang mekanika arus di Universitas Hannover. Dapat dikatakan Beliau-lah yang mengembangkan IfM ini menjadi besar dan beragam. Dimulai dengan idenya mengembangkan pemodelan numerik yang memang sudah menjadi dasar utama institut ini, mengajak beberapa professor dan mengembangkan stasiun-stasiun pengukuran dan pengumpulan data yang dimulai dari Laut Utara dan Laut Baltic, mendatangkan professor dalam bidang Remote Sensing dan satelit, dilanjutkan dengan pengembangan ilmu dengan munculnya kelompok bidang Pemodelan Ekologi.

Sampai hari ini ada 5 kelompok bidang di IfM ini, yaitu :

  1. Theoritical Oceanography
  2. Shelf Oceanography
  3. Regional Oceanography
  4. Remote Sensing
  5. Ecological Modelling

Disebutkan pula perkembangan penelitian, model, dan pengematan mulai dari yang paling sederhana hingga terkini. Selain cerita mengenai perkembangan ilmu dan teknologi, ternyata Institut ini pun mengalami perkembangan gedung yang digunakan. Berikut 5 lokasi IfM dalam sejarahnya :

Gedung lama

Dari kiri ke kanan adalah gedung IfM di Abteistraße 15 (1956-1963), Neue Rabenstraße 13 (1963-1964), di Heimhuder Straße 71 (1964-1984), dan di Troplowitzstraße 7 (1984-2004). Dan mulai tahun 2004 hingga sekarang IfM berada di Bundesstraße 53 (gambar paling atas).

Perkembangan organisasi di awal-awal tahun terbentuknya institut ini dan penyederhanaan organisasi di Universitas Hamburg pada tahun-tahun terakhir ini, membuat institut ini mengalami perubahan yang tidak sedikit. Namun, perubahan apapun perkembangan ilmu ini masih dirasakan sangat perlu dan institut ini masih ada, serta berkembang membangun kerja sama antar universitas di Jerman sendiri, maupun kerja sama internasional di bidang pendidikan dan penelitian kelautan.

=== <<>> ===

Sungguh… ada rasa bangga lulus dari IfM, di bawah bimbingan Prof. Dr. Sündermann, sempat mengalami kerja di dua gedung IfM yang terakhir ini, dan… bangga pernah dan sedang bekerja disini. Alles Gute IfM!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: