jump to navigation

Henry Melson Stommel April 26, 2006

Posted by agusset in Tokoh.
trackback

Henry Melson Stommel (27 September 1920 – 17 Januari 1992) memiliki peranan yang cukup besar dalam perkembangan disiplin ilmu fisika oseanografi. Sejak tahun 1940-an, ia mencoba mengembangkan teori tentang pola sirkulasi laut global dan perilaku Gulf Stream yang menjadi dasar perkembangan fisika oseanografi saat ini. Dikenal luas sebagai salah seorang oseanografer yang sangat produktif dan berpengaruh pada saat itu, Stommel adalah teoritikus pembuka cakrawala baru sekaligus pengamat yang ulung dalam bidangnya.

Stommel lahir di Wilmington, Delaware. Tidak seperti kebanyakan ilmuwan modern, Stommel menjadi profesor tanpa terlebih dahulu meraih gelar doktor. Gelar sarjana diraihnya dari Universitas Yale pada tahun 1942. Selanjutnya, ia bekerja di almamaternya tersebut sebagai instruktur dalam bidang matematika dan astronomi hingga tahun 1944. Kemudian ia bekerja sebagai peneliti di Woods Hole Oceanographic Institution dari tahun 1944 hingga 1959 dan menjadi Profesor dalam bidang oseanografi di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1959 hingga pensiun. Dia juga sempat mengajar di Harvard pada tahun 1960 hingga 1963. Stommel mendirikan beberapa stasiun pengamatan untuk mempelajari arus laut, termasuk stasiun di Panulirus, Bermuda (sejak tahun 1954). Dia terpilih menjadi anggota National Academy of Sciences pada tahun 1962, dan mendapatkan penghargaan National Medal of Science pada tahun 1989.

Henry Stommel menunjukkan bahwa gaya Coriolis berperan sangat besar dalam terbentuknya arus di batas barat (western boundary currents) seperti Gulf Stream dan Kuroshio yang lebih cepat dengan pita yang sempit jika dibandingkan dengan arus di batas timur (eastern boundary currents) seperti arus Kalifornia dan Kanari. Kedua arus di batas barat ini membawa massa air hangat yang jumlahnya sangat signifikan ke arah utara, mengangkut energi panas yang diterima oleh daerah tropis ke arah kutub. Gyre oseanik menjadi tidak simetris akibat arus laut yang lebih cepat di batas barat ini.

Dia mengemukakan teori tentang sirkulasi global, dimana air permukaan tenggelam (sink) di utara untuk mengisi kekosongan akibat mengalirnya air di bawah permukaan ke arah selatan yang kemudian muncul ke permukaan di daerah Antartika untuk menyuplai aliran ke arah utara di sepanjang pantai timur Amerika Utara dan Selatan. Stommel juga melakukan berbagai penelitian dalam bidang oseanografi dan meteorologi untuk melengkapi penelitiannya tentang arus laut ini.

Stommel menikah dengan Elizabeth Brown, putri dari Huntington Brown, seorang profesor Bahasa Inggris di Universitas Minnesota. Mereka dikaruniai 3 orang anak, Matthew, Elijah, dan Abigail Stommel.

* sumber artikel: Wikipedia, sumber gambar: Biographical Memoirs *

Komentar»

1. mw tw aj lw - Agustus 18, 2008

muke lw jelek

2. gak penting - Februari 27, 2009

kalo perlu kasih juga dunk poto2 keluarganya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: