jump to navigation

Vagn Walfrid Ekman April 25, 2006

Posted by agusset in Tokoh.
trackback

Vagn Walfrid Ekman (3 Mei 1874 – 9 Maret 1954), lahir di Stokholm, Swedia. Ketertarikannya pada oseanografi berawal ketika ia belajar fisika di Universitas Uppsala. Salah satu penyebabnya adalah setelah beliau mendengarkan kuliah dari Vilhelm Bjerknes tentang dinamika fluida.

Pada saat ekspedisi Fram, Fridtjof Nansen mengamati bahwa gunung es tidak bergerak searah dengan arah angin, tetapi membentuk sudut 20o-40o. Lalu Bjerknes mengundang Ekman yang saat itu masih menjadi mahasiswa untuk menyelidikinya. Pada tahun 1902, Ekman mempublikasikan teorinya "Spiral Ekman" yang menjelaskan fenomena tersebut yang merupakan hasil kesetimbangan antara efek gesekan di laut dan gaya fiktif yang timbul akibat rotasi bumi.

Setelah menyelesaikan riset doktornya di Uppsala pada tahun 1902, beliau bergabung dengan International Laboratory for Oceanographic Research, Oslo dan bekerja di sana selama 7 tahun. Selama bekerja di sana, beliau tidak hanya mengembangkan teori yang telah dikerjakan sebelumnya, tetapi juga membangun tekhnik percobaan dan instrumentasi seperti Ekman current meter dan Ekman water bottle.

Dari tahun 1910 hingga 1939 beliau melanjutkan pekerjaan teoritis dan percobaannya di Universitas Lund, dimana beliau menjabat sebagai Profesor dalam bidang mekanika dan fisika matematika. Beliau terpilih sebagai anggota Royal Swedish Academy of Sciences pada tahun 1935.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: